Latar belakang Pondok Pesantren Darul Jannah Al-Ma’wa adalah bermula dari inisiatif dari Ustadz Hasan Arif, yang waktu itu beliau masih duduk di bangku Madrasah Aliyah. Pada saat itu Ustadz Hasan Arif melihat banyak sekali remaja-remaja Tunggul yang sangat minim pengetahuannya mengenai ilmu perkitaban khususnya ilmu Nahwu sebagai dasar utama dalam memahami teks-teks al-Qur’an yakni dasar utama agama Islam.

Akhirnya pada bulan Mei 1995, ustadz Hasan Arif memulai kegiatan belajar ilmu Nahwu secara bersama-sama yang bertempat di rumah beliau sendiri. Adapun tujuan mempelajari Nahwu supaya anak-anak itu mengetahui tentang bagaimana membaca kitab gundul, dengan begitu mereka akan dapat memahami isi kitab itu dangan mudah. Dan bahkan ada yang memiliki pedoman bahwa Nahwu itu adalah ayahnya, Shorof itu ibunya, dan bahasa Arab itu anaknya.

Pada awal dimulainya belajar Nahwu, bersama-sama ternyata banyak sekali peminatnya hingga mencapai 40 anak, kegiatan belajar ini diadakan setiap malam Sabtu dan Kamis.

Dua tahun kemudian, muncul permintaan dari anak-anak untuk belajar bahasa Inggris yang akhirnya diadakan kursus bahasa Inggris yang pertama kali dengan peminat mencapai 20 anak, yang tidak hanya datang dari desa Tunggul saja, namun juga berasal dari luar desa seperti Drajat, Keamantren, dan lain-lain. Yang kemudian kursus bahasa Inggris tersebut diberi nama “The Sun Rise English Course”. Dan selanjutnya pada tahun 2001 diadakan kegiatan mengaji kitab, yaitu kitab Ta’lim Muta’allim. Dan kegiatan mengaji inipun masih berlangsung hingga sekarang.

Dan akhirnya pada tanggal 19 Februari 2004 kegiatan yang semula hanya sekedar kursus ini diresmikan menjadi sebuah Majlis Ta’lim Muta’allim yang diberi nama “Darul Jannah Al-Ma’wa”, yang tidak hanya berjalan dalam kursus Nahwu dan bahasa Inggris saja tapi mengadakan pengembangan kegiatan-kegiatan lain. Mulai dari Jam’iyyah Khithobiyah, Jam’yyah 2 bahasa, Jam’yyah Diba’iyyah, Qiro’ah dan masih banyak kegiatan-kegiatan yang lain.

Sampai akhirnya kegiatan-kegiatan tersebut berkembang dengan pesat dan mulai bermunculannya santri-santri yang mendaftar untuk bermukim di sana, maka pada hari Jum’at Pahing tanggal 26 November 2004 M. yang bertepatan pada tanggal 13 Syawal 1425 H. Majlis Ta’lim Darul Jannah Al-Ma’wa diresmikan menjadi Pondok Pesantren Darul Jannah Al-Ma’wa yang beralamat di Jl. Raya Deandles RT 01 RW 04 Tunggul Paciran Lamongan 62264 (60m arah barat dari balai desa Tunggul).

we'll one over 30 Years of experience you always the best guidance

GET STARTED
1
Assalamu'alaikum !
Silakan Anda melanjutkan chat untuk melakukan pendaftaran Peserta Didik Baru!!
Powered by